Sunday 6 January 2013

cms

kontent management system ( cms ) yaitu sesuatu sistem manajemen didalam situs yang sangat mungkin seseorang untuk memberikan dan/atau isi content dari satu website situs. cms yaitu sesuatu standar baru untuk situs terakhir ini. dengan cms, pemilik situs dengan gampang bisa merubah konten-konten didalam websitenya dengan mandiri, tanpa memerlukan pertolongan seorang situs desainer. rencana situs berbasis cms kerap digunakan oleh situs-situs yang mempunyai isi dinamis serta kerap diupdate, layaknya situs (blog), online shop, serta website berita.

didalam situs berbasis cms, ada dua area utama, yakni admin area serta public area. public area yaitu lokasi yang bisa dibuka oleh seluruh orang. public area ini juga kerap dimaksud dengan arti front-end oleh beberapa kelompok umur. namun admin area yaitu lokasi yang cuma dapat dibuka oleh pemilik situs tersebut, admin area juga kerap dimaksud back-end.





public area sesuatu website




admin area sesuatu website berbasis cms



ke-2 area ini mempunyai alamat website yang tidak sama, serta spesial untuk admin area, halaman depannya diproteksi dengan password. lantas, walaupun pengunjung tahu alamat admin area, ia tak lagi dapat masuk ke didalam bila tidak paham passwordnya.

dua area ini yaitu dua situs yang tidak sama, namun keduanya terhubung oleh database yang sama. perbedaan utamanya yaitu pada hak akses database. public area cuma dapat untuk ‘membaca’ database, namun admin area memiliki hak penuh untuk ‘membaca, menambah, mengedit, apalagi menghapus’ isi database.



bagan alur data website cms



bersamaan dengan perubahan masa, cms ini terus-terusan dikembangkan oleh beragam komune programer sampai lahirlah beragam cms yang berupa paketan. cms yang berupa paketan ini amat meringankan untuk situs developer untuk membangun situs, dikarenakan situs developer tinggal memodifikasi sistem tersebut jadi situs yang dia kehendaki. perumpamaan cms paketan yang cukup popular diantaranya joomla, wordpress, drupal, geeklog, mambo, serta zikula.

No comments:

Post a Comment