Monday 7 January 2013

apa itu internet ?

apa itu internet ?



dengan simpel, internet yaitu kumpulan dari jutaan computer di semua dunia yang terkoneksi pada yang satu dengan yang lain. media koneksi yang dipakai dapat melewati sambungan telpon, serat optik ( fiber optic ), kabel koaksial ( coaxial cable ), satelit atau dengan koneksi wireless.

saat kita logon ( didalam perihal ini terhubung ) dengan internet, kita diberikan hak akses ke komputer-komputer lain di semua dunia yang terhubung juga dengan internet. dengan kemajuan teknologi yang makin cepat, sekarang ini internet bisa dihubungi dengan koneksi wireless dari handheld pc atau dari sesuatu computer notebook.

sesudah terhubung dengan internet kita bisa lakukan banyak hal, contohnya : mengirim serta terima e-mail, chating dengan media text atau nada, berselancar ( surfing ) di world wide situs, atau perihal lain dengan satu software aplikasi spesifik.

dengan simpel, cara kerja internet sama layaknya sistem pos atau sistem pengantar parcel, jika internet bekerja dengan amat cepat.
contohnya, apabila saat ini ini kita di surabaya serta dapat berkirim e-mail ke amerika, sesudah kita tekan tombol kirim ( send ) setelah itu e-mail kita tadi dapat menuju ke mail server. ( mail server ini umumnya tidaklah computer yang tengah kita gunakan sekarang ini, namun sisi dari service yang ada di internet, hingga kita mungkin keluar dari internet sesudah menghimpit tombol kirim tanpa mengganggu sistem pengiriman e-mail tersebut ). lantas, mail server kita tersebut dapat coba mengontak mail server di amerika melalui rute jakarta - singapura - jepang - amerika atau apabila rute tersebut repot bisa menngunakan rute australia - amerika.
paket data didalam internet mempunyai ukuran spesifik hingga apabila e-mail kita tadi cukup besar mungkin dibagi didalam sebagian paket serta tiap-tiap paket bisa dikirim dengan rute yang tidak sama. setelah tiba di amerika, mail server di sana dapat membangun kembali e-mail kita tersebut jadi satu sisi utuh yang siap di sajikan.

apabila satelit yang dipakai didalam rute-rute tersebut repot maka mail server kita dapat berusaha untuk mengirim kembali sesudah sebagian waktu hingga betul-betul terkirim. apabila hingga maksimum hingga 4 hari lebih ( bergantung setting mail server kita ) e-mail itu belum dapat terkirim maka dapat diantar e-mail pemberitahuan bahwa e-mail kita tidak hingga.

rute yang perlu dilalui paket data di internet amat panjang serta melibatkan sangat banyak computer di semua dunia, hingga apabila data yang kita kirimkan yaitu data yang pribadi dan/atau mutlak, baiknya menggunakan secure server, yakni server yang dilengkapi dengan sarana enkripsi data sebelum saat mengirim data ke computer lain serta sarana dekripsi apabila terima paket data dari computer lain.

No comments:

Post a Comment