Wednesday 9 January 2013

sejarah www

histori situs bermula di european laboratory for particle physics ( lebih dikenal dengan nama cern ), di kota geneva dekat perbatasan perancis serta swiss. cern adalah satu organisasi yang didirikan oleh 18 negara di eropa. dibulan maret 1989, tim berners serta peneliti yang lain dari cern mengusulkan satu protokol sistem distribusi info di internet yang sangat mungkin beberapa anggotanya yang tersebar di semua dunia saling membagi info serta apalagi untuk menampilkan info tersebut didalam wujud grafik.

situs browser pertama dibikin dengan berbasiskan pada teks. untuk menyebutkan satu link, dibikin sebarisan nomer yang serupa dengan satu menu. pemakai mengetikkan satu nomer untuk lakukan navigasi didalam situs. umumnya software tersebut dibikin untuk komputer-komputer yang menggunakan sistem operasi unix, serta belum banyak yang dapat dikerjakan oleh pemakai computer waktu itu yang sudah menggunakan windows. namun seluruh ini beralih sesudah timbulnya browser mosaic dari ncsa ( national center for supercomputing applications ).

di bln. mei 1993, marc andreesen serta sebagian murid dari ncsa bikin situs browser untuk sistem x-windows yang berbasiskan grafik serta yang gampang untuk dipakai. didalam sebagian bln. saja, mosaic sudah menarik perhatian baik dari pemakai lama ataupun pemakai baru di internet. lantas ncsa mengembangkan versi-versi mosaic yang lain untuk computer berbasis unix, next, windows serta macintosh.

pada th. 1994, marc andreesen meninggalkan ncsa, serta lantas berbarengan jim clark, di antara pendiri dari silicon graphics, bikin netscape versi pertama. kehadiran netscape ini menukar kepopuleran mosaic sebagai situs browser serta apalagi hingga saat ini netscape adalah browser yang banyak dipakai sesudah internet explorer dari microsoft.
pada th. yang sama cern serta mit membangun satu konsorsium yang diberi nama world wide situs consortium ( w3c ) yang bertugas untuk membangun standar untuk teknologi situs.

pada awal perubahannya, pada saat browser tetap berbasiskan teks cuma ada lebih kurang 50 situs. di akhir th. 1995 jumlah ini sudah berkembang meraih lebih kurang 300. 000 website. serta diperkirakan saat ini ini jumalh pemakai situs sudah mencapat lebih kurang 30-an juta pemakai di semua dunia.

sumber : http ://www. master. situs. id/tutorial/penulisan/sejarah-www. htm

No comments:

Post a Comment