Sunday 13 January 2013

email

Email (atau e-mail) adalah electronic mail yang bekerja hampir mirip dengan korespondensi manual dengan surat menyurat. Ada pengirim dan ada penerima dan ada isi pesan yang disebut dengan message atau pesan email. Email juga dapat mengirim file baik berupa gambar, video, suara, dan lain sebagainya bersama-sama dengan pesan teks. File-file tambahan ini disebut juga dengan email attachments.
Email merupakan sebuah aplikasi internet yang paling banyak digunakan. Email memperbolehkan para pengguna untuk berkomunikasi satu sama lain hampir secara instant. Setiap harinya jutaan email dikirim dan diterima dalam seluruh penjuru dunia. Anda dapat menerima dan mengirim email dari semua sistem baik menggunakan Windows, Unix bahkan melalui telepon seluler. Dengan fasilitas MIME (Multipurpose Email Extension), Anda dapat mengirim video, gambar, atau suara bersama-sama dengan pesan teks melalui email.
Tiap-tiap account email memiliki alamat yang unik. Format email secara umum adalah:
Nama-Anda@Nama-Host
"Nama-Anda" adalah username yang Anda yang gunakan untuk login ke server email. Kemudian diikuti dengan tanda '@' (baca: at) dan nama host atau nama komputer Anda (atau nama domain). Beberapa contoh account email adalah sebagai berikut:
alex@mydomain.com
alex@mywebsite.com
Banyak perusahaan-perusahaan (baik mancanegara maupun domestik) yang menawarkan account email gratis, untuk mendapatkan account email saat ini sangat mudah dan gratis. Contohnya adalah: Yahoo di www.yahoo.com, Google di www.gmail.com, Microsoft di www.hotmail.com, Telkom di www.mail.telkom.net, dan lain sebagainya.
Pesan email terdiri dari header dan body. Adapun header berfungsi untuk menyimpan data-data berikut:
  • Alamat email penerima (Recipient email address)
  • Alamat email pengirim (Senders email address)
  • Alamat email penerima carbon copy (cc), dan alamat email penerima blind carbon copy (bcc)
  • Judul Email (Subject line)
Sedangkan bagian utama dari email adalah body email.
Email dapat dikirim dengan memasukkan alamat email penerima (dapat lebih dari satu dengan menggunakan pemisah separator ";") ke dalam kolom "Sent To". Kemudian beberapa alamat penerima tambahan ke kolom "Cc" atau "Bcc".

Email Client

Account email Anda pada umumnya terletak pada sebuah remote server (email server). Email client adalah sebuah program yang dapat mendownload satu, beberapa atau seluruh email Anda dari remote server dan menyimpannya ke dalam komputer Anda. Proses mendownload ini dilakukan secara online, kemudian ketika Anda telah menutup koneksi internet, Anda dapat membaca seluruh data email Anda secara offline pada saat kapanpun yang Anda sukai mpada komputer pribadi Anda. Email client juga dapat membantu kita membuat sebuah pesan email secara offline, baik pesan email yang baru maupun pesan email balasan. Kemudian pada saat koneksi internet terbangun, Anda dapat mengirimkan semua pesan email yang telah Anda buat tersebut.
Email client yang paling banyak digunakan (terutama pengguna OS Windows) adalah Microsoft Outlook Express, dia mudah digunakan dan sudah tersedia seperti Internet Explorer namun Anda dapat memilih salah satu dari dari daftar program email client yang lain.
Sebuah program email client yang baik adalah yang memiliki fitur-fitur berikut:
  1. Kemampuan untuk mengirim dan menerima pesan dengan cepat
  2. Memiliki address book
  3. Kemampuan untuk menambahkan file lampiran (non-text based attachment file) dengan menggunakan MIME. Sehingga Anda dapat mengirim gambar, suara, animasi, dan lain sebagainya.
  4. Menambahkan signature (tanda otentikasi) ke dalam pesan yang dikirim.

No comments:

Post a Comment