Friday 11 January 2013

cms buatan indonesia alternatif untuk bikin website

cms buatan indonesia alternatif untuk bikin website
saat ini ini semakin banyak langkah bikin situs, dimulai dari menggunakan service situs (blog) gratis ( baca catatan terdahulu saya perihal website penyedia service situs (blog) gratis ), sampai menggunakan cms atau kontent managemen system yang beredar di internet. cms yaitu sesuatu sistem situs atau situs (blog) yang berbentuk dinamis, didalam artian dengan cms sangat mungkin pengguna untuk memberikan halaman serta content baru didalam situs dengan gampang serta otomatis tanpa mesti memberikan manual layaknya ketikan bikin situs statis. menurut wikipedia, cms yaitu merupakan perangkat lunak yang sangat mungkin seseorang untuk memberikan dan/atau merekayasa ( merubah ) isi dari satu website situs. biasanya, sesuatu cms ( kontent management system ) terdiri dari dua elemen :

a. aplikasi manajemen isi ( kontent management application, cma )
b. aplikasi pengiriman isi ( kontent delivery application cda ).


elemen cma memperbolehkan si manajer isi -yang barangkali tidak mempunyai pengetahuan tentang html ( hypertext markup language )-, untuk memenej pembuatan, modifikasi, serta penghapusan isi dari satu website situs tanpa butuh mempunyai keahlian sebagai seorang webmaster. elemen cda menggunakan serta mengumpulkan informasi-informasi yang pada mulanya sudah ditambah, dikurangi atau diubah oleh si empunya website situs untuk meng-update atau memperbaharui website situs tersebut. kekuatan atau fitur dari sesuatu sistem cms berlainan, meskipun demikian, umumnya dari software ini mempunyai fitur publikasi berbasis situs, manajemen format, kontrol revisi, pembuatan index, pencarian, serta pengarsipan.

cms
sedikit cerita, saya pribadi mengetahui cms sejak satu tahun lebih lantas yakni wordpress yang saat ini ini amat popular sebagai platform situs serta situs (blog) didunia. lantas satu tahun lebih lantas saat nge-trend yang namanya geocities ( product yahoo ) saya juga studi bikin situs statis sampai berkembang kearah situs dinamis ( sejenis cms ) walau amat simpel serta tidak saya publikasikan.

kembali lagi ke cms didalam negeri, pada menulis saat ini saya sengaja menuliskan daftar cms buatan orang indonesia di sini sebagai apresiasi saya pada karya anak bangsa.



tersebut saya cuplikkan sebagian cms untuk bikin situs yang dikembangkan oleh orang-orang indonesia :

1. cms balitbang

cms balitbang dikembangkan spesial untuk membangun situs sekolah, di mana perihal itu dimulai dari ada motivasi untuk membangun sistem sekolah yang melek teknologi. saat ini ini cms balitbang dikembangkan oleh tim balitbang kemdiknas. kunjungi website resminya di http ://kajianwebsite. org

2. cms lokomedia

silakan dapatkan cms lokomedia di http ://bukulokomedia. com

3. cms fiyo

silakan kunjungi cms fiyo serta download dari website resminya di http ://www. fiyo. org

4. cms2an

silakan download cms2an melewati website resminya di http ://cms2an. com

5. cmsid

kunjungi website resmi cmsid serta download versi paling akhir cmsid melewati website resminya di http ://cmsid. org/

6. auracms

cms aura dikembangkan sejak 2003, serta sampai saat ini cukup beberapa orang yang memakainya. silakan kunjungi website resminya di http ://auracms. org/

7. cms endonesia

silakan download cms endonesia di http ://sourceforge. net/projects/endonesia/

8. spasicms

silakan dapatkan di http ://www. spasi. com/solution/content_management/

9. cms tarichi

download cms tarichi ( berbasis code igniter ) di sini http ://www. ziddu. com/download/10905966/tarichi0. 3. rar. html atau di sini https ://sourceforge. net/project/downloading. php ?group_id=234536&filesize=5455802&filename=tarichi0. 3. tar. gz&60895066


demikianlah sedikit yang dapat saya kumpulkan, saya meyakini ada banyak developer-developer indonesia yang mengembangkan cms lain, tetapi dikarenakan keterbatasan saya sampai saya tidak menemukannya di internet.

so, untuk anda developer cms baru atau siapapun yang mendapatkan cms buatan indonesia yang belum saya cantumkan di sini silakan catatkan di kolom komentar supaya semakin beberapa orang indonesia yang tahu bahwa senior mereka didalam dunia situs developer sudah dapat mengambil langkah sejauh itu.

salam...

2 comments:

  1. Ini ada lagi alternatif CMS dari Indonesia namanya PopojiCMS, bisa dilihat di http://popoji.site.my.id

    Fitur-fiturnya cukup mumpuni loh....trus udah pake teknologi modern

    ReplyDelete
  2. silahkan klik http://info-kita.tk/publik/view.php?id_posting=6 ...
    INFO KITA CMS adalah CMS buat komunitas...

    ReplyDelete